Sunday, March 29, 2020

Modifikasi Mobil Sedan agar lebih Tinggi ? Simak Caranya!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk semua, kali ini saya akan membagikan tips yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terkait dengan cara meninggikan modil sedan..

Semakin berkembangnya zaman dan trend, semakin berkembangnya juga karya dari berbagai modifikator
Mobil Sedan yang memang memiliki bakat menjadi mobil ceper pun sudah banyak yang memodifikasinya menjadi mobil tinggi, tak hanya mementingkan gaya namun kebutuhan, mungkin pemilik mobil tinggal di daerah yang membutuhkan mobil tinggi agar bisa melalui perjalanan di daerahnya..

Tanpa banyak basa-basi mari kita simak bagaimana cara meninggikan mobil sedan..
Tutorial kali ini sudah di implementasikan pada mobil Starlet, untuk mobil lain tenang saja caranya hampir sama, mungkin hanya beberapa yang berbeda seperti baut, mur, dsb. Dan saran saya untuk memodifikasi sebuah mobil kita harus memiliki orang yang ahli dalam bidang itu agar tak kebingungan.

Bahan-bahan :
1. pin seher bekas angkot carry 10 pcs, panjang 5cm. nyari di bengkel angkot banyak. ada yang ngasi gratis ada yang menduitin. paling mahal 5rbpcs 
2. mur baut 12 baja panjang 8cm. ingat ya ba-ja 
3. support shock depan bekas 2 pcs, belakang 2 pcs. 
4. kawat bendrat 1 gulung (beli di toko bahan bangunan) 

langkah kerja, angkat bodi belakang : 
1. lepas semua baut support shock bekas, support shock belakang (bekas) digerinda pada posisi bagian bawah lubang baut agar pin seher bisa masuk. ada 4 lokasi gerindaan 
2. copot support shock yang terpasang dan lepas bautnya, pasang kembali per pada support shock. step nyopot support saya anggap sudah pada paham. 
3. masukkan baut baja dari atas, pasang support shock bekas dari bawah, masukkan pen seher, masukkan support shock yang bawah, masukkan mur pada baut 12, kencangkan. 
4. pasang baut shock bawah, kencangkan. lakukan pula untuk sisi roda sebelahnya. 

langkah kerja, angkat bodi depan : 
1. copot ban dengan dongkrak terpasang dibawah sayap dekat balljoint, bersihkan sisi knakel dengan sikat besi, tandai dengan pensil alur knakel pada shock agar bisa kembali pada posisi semual saat pemasangan (tidak lari chamber), copot mur 19 pada knakel (2 biji), bautnya jangan dicabut dulu jek. jack stand stand by di bawah engsel pintu 
2. dongkrak lagi sampai bodi terangkat di atas jack stand 
3. copot mur as shock 19, copot mur 12 pada support shock 
4. pilin 8 kawat bendrat menjadi satu untuk mengikat 4 ulir per, kencangkan dengan tang. 
5. turunkan dongkrak perlahan, copot per, shock. lepaskan baut pada support shock (ketok palu), masukkan baut baja 12 dari bawah pada support shock. 
6. pasang kembali per, shock, support shock, kunci dengan mur 19. caranya pikir sendiri ya. bukan pilinan kawat bendrat perlahan secara bergantian pada 2 sisi. safety first. 
7. pasang pen seher pada baut 12 yang terpasang pada support shock. ada 3 pcs. pasang support shock bekas dibagian atasnya. 
8. masukkan shock pada posisinya di bodi mobil, kunci dengan mur 12 (3 pcs). kencangkan semua. maksimal. 
9. pasang knakel pada shock, pastikan alur knakel sesuai garis pensil, pasang baut 19 dan kunci dengan mur. kencangkann. 
10. pasang kembali roda, turunkan dongkrak, pindah ke roda satunya dan ulangi lagi dari poin 1. 

hasil: 
1. ground clearance naik jadi 26,5cm 
2. handling tetap nyaman, suspensi tetap empuk seperti biasa. 

note: jangan lupa mur 19 pada shock atas di tutup dengan sesuatu agar kotoran tidak masuk kedalam laher. 

Selamat Mencoba

Pernah saya bertanya kepada teman saya yang memiliki mobil ceper, karena per shock mobilnya di potong dengan gerinda bagaimana caranya untuk meninggikan kembali mobil kita jika bosan? Jawabannya cukup simple, tinggal di ganjel dengan ganjelan khusus, entah apa yang dipakai untuk mengganjalnya yang jelas jawabannya pasti ada di bengkel per.. Saya tidak bertanya lebih lanjut karena saya belum membutuhkan itu, untuk kalian para modifikator sering-sering bermain di bengkel dan kumpul dengan teman modifikator juga, supaya wawasan dan pengetahuan kita lebih paham dalam hal modifikasi..

Saran saya sebelum modifikasi sesuatu, entah itu mobil ataupun motor silahkan konsultasi dahulu kepada orang yang lebih ahli dan berpengalaman supaya mendapatkan hasil yang memuaskan..

Cukup sekian artikel saya kali ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kalian yang sudah menyempatkan membaca artikel ini..

0 comments:

Post a Comment